Sabtu, 26 Agustus 2017

Mudahnya Melihat Perbedaan Jalak Kebo Jantan dan Betina untuk Pemula

Burung adalah satu diantara satwa piaraan yang digandrungi banyak orang dengan alasan utama lantaran kicauannya yang merdu. Salah satunya, burung Jalak Kerbau atau Kerak Kerbau atau Jalak Kebo yang begitu populer sebagai jenis hewan piaraan semenjak dulu. Kendati Jalak Kebo jantan dan betina mempunyai kehebatan bernyanyi yang relatif sama, akan tetapi banyak penghobi lebih sreg memelihara Jalak Kebo berkelamin jantan. Tidak gampang melihat perbedaan jalak kebo jantan dan betina karena secara kasat mata perawakan dan warna bulunya serupa. Akan tetapi tetap ada cara yang lazim dipakai membedakan jenis kelamin dari burung piaraan yang ini.


Jika membandingkannya dengan lebih cermat, postur tubuh dan jari-jari kaki Jalak Kebo jantan biasanya lebih panjang ketimbang yang betina. Perbedaan Jalak Kebo jantan dan betina pun bisa diamati dari kepalanya dimana untuk jantan agak besar. Jalak Kebo jantan di kepalanya ditemukan jambul di area lubang hidung maupun pada pangkal paruh yang atas. Untuk Jalak Kebo jantan pun memiliki bulu dengan warna hitam yang lebih gelap dibanding betina. Burung Jalak Kebo jantan saat bersuara maka akan juga menganggukkan kepala sembari disertai bulu kepala mekar. Kicau burung Jalak Kebo jantan bagi para penggemar burung dikatakan lebih beragam (cerewet). Sementara yang betina biasanya berkicau lebih dalam dan lebih merdu. Perbedaan Jalak Kebo jantan dan betina pun bisa dilihat dari ekor burung, untuk jantan kerap terlihat menyatu sementara yang betina kerapnya membuka.

Perbedaan Jalak Kebo jantan dan betina kecuali dengan mencermati tampilan dan mendengarkan nyanyiannya, juga bisa ditempuh dengan mencermati struktur kloaka-nya. Untuk Jalak Kebo jantan memiliki kloaka yang terlihat menyembul berbentuk menyerupai kerucut dan ada bulu-bulu kecil di sekeliling lubang kloaka. Sementara kloaka burung Jalak Kebo betina terlihat membulat rata dan dihiasi bulu-bulu panjang di sekelilingnya. Lainnya lagi untuk membedakan jantan dan betina adalah dari tingkah lakunya. Jalak Kebo jantan biasanya memiliki gerakan yang lebih lincah dibanding betina.

Sebagian pembaca mungkin bertanya-tanya kenapa hewan yang satu ini dinamakan Jalak Kebo. Kebo adalah kata bahasa Jawa yang artinya Kerbau. Jenis burung Jalak yang satu ini di alam seringnya mencari makanan berupa serangga-serangga kecil yang hidup di punggung Kerbau. Maka itu burung Jalak ini disebut dengan Jalak Kebo. Para penggemar burung pasti sudah paham jika ada dua jenis Jalak Kebo menurut warna dari iris matanya yaitu yang bermata putih dan yang bermata kuning. Jalak Kebo dengan mata kuning dianggap lebih sering berkicau dan juga pandai meniru kicauan burung lain. Supaya burung Jalak Kebo menjadi jinak maka dapat diterapkan teknik yang sama dalam menjinakkan burung Perkurut. Salah satu caranya adalah dengan memandikannya sambil dipegang.