Sabtu, 01 Oktober 2016

Belajar Membuat Blog, Ketahui Perbedaan Hosting dan Domain

Sejumlah website portal berita seperti Detik.com atau Kompas.com yang kita buka setiap saat memiliki dua komponen penting yaitu domain dan hosting. Keduanya berbeda secara fungsinya. Perbedaan hosting dan domain harus diketahui sebelum kita membangun sebuah blog atau website sendiri di internet. Berikut akan dijelaskan pengertian dari kedua komponen ini.

Hosting adalah lokasi penyimpanan file atau data. Hosting mempunyai bentuk fisik yang dinamakan dengan server. Server secara umum tak berbeda dengan komputer umumnya yaitu terpasang processor, RAM, hardisk dan sebagainya. Cuma modelnya menyesuaikan dengan kebutuhan supaya dapat ditempatkan pada rack server. Server hosting umumnya berada dalam ruangan datacenter dengan disediakan pasokan daya listrik sekaligus backup-nya berupa UPS. Server hosting ini  tersambung ke jaringan internet dengan kecepatan tinggi sehingga data-data di dalamnya dapat dibuka dari seluruh lokasi di dunia secara berbarengan.

Hosting yang ditujukan untuk website dinamakan sebagai Web Hosting. Servernya terpasang sistem operasi dan beberapa perangkat lunak lain agar dapat menjalankan aplikasi web serta bisa bekerja dengan simultan. Ketika kita menyewa hosting itu artinya membeli layanan penyimpanan data saja. Untuk  mengakses data di dalamnya seseorang harus mengetikkan alamat IP address.

Sementara domain merupakan nama untuk alamat website yang diatur badan regulasi domain dunia. Domain misalnya : detik.com akan mengarahkan pengakses menuju alamat IP server hosting milik Detik. Bila kita mengetikkan nama domain di browser itu artinya kita membuka IP server sesuai alamat yang dibawa domain. Ketika kita membeli domain itu sebenarnya hanya menyewa nama saja. Bila hanya memiliki domain saja kita tak dapat menyimpan file web atau aplikasi web yang lain yang berarti domain itu tak bisa diakses atau dibuka.

Jadi perbedaan hosting dan domain dapat disimpulkan, untuk hosting yaitu tempat penyimpanan data, sementara domain merupakan alamat untuk menuju data. Supaya sebuah website dapat dibuka maka kita harus membeli hosting dan domain sekaligus. Keduanya boleh dibeli dari perusahaan yang sama atau terpisah misalnya domain dibeli di namecheap.com sementara hosting kita sewa dari rumahweb.
Belajar Membuat Blog, Ketahui Perbedaan Hosting dan Domain Rating: 4.5 Posted by: Elin Pujiastuti