Kamis, 06 Oktober 2016

Memperjelas Perbedaan Teater Modern dan Tradisional

Dalam dinamika masyarakat Indonesia teater termasuk jenis kebudayaan yang ditampilkan oleh beberapa orang dan ditonton banyak orang. Secara umum teater merupakan sebuah drama atau cerita kehidupan manusia yang dipentaskan di atas panggung didasarkan dari naskah tertulis dengan adanya selingan berupa tarian, nyanyian dan lainnya. Teater memiliki tujuan menghibur khalayak penonton.


Teater bisa dibedakan dengan Teater Tradisional dan Teater Modern. Tentu saja ada beberapa perbedaan teater modern dan tradisional yang harus diketahui. Pertama mengenai teater tradisional yaitu jenis pementasan yang dilakonkan oleh masyarakat setempat dimana jalan cerita didasarkan pada dongeng yang semenjak dahulu sudah berakar seperti mitos atau legenda daerah tersebut. Hal-hal yang berhubungan dengan teater tradisional menyesuaikan dengan adat-istiadat, kondisi sosial dan geografis wilayah itu. Beberapa ciri dari teater tradisional adalah :

- Menggunakan bahasa daerah setempat.
- Acapkali disisipkan tarian dan nyanyian.
- Diiringi dengan alat musik tradisional seperti tetabuhan sebagai ciri khas daerah itu.
- Dipentaskan dengan berbagai improvisasi.
-  Interaksi antara pemain dan penonton berlangsung intens.
- Pertunjukan sering di luar ruangan misalnya lapangan atau halaman rumah.
- Tata panggung sederhana dan bersuasana santai.

Teater modern merupakan jenis pertunjukan yang berkembang di perkotaan yang sedikit banyak dipengaruhi unsur dari luar. Kisah yang dilakonkan diambil dari karya sastra maupun kejadian sehari-hari. Naskah meliputi peran sentral, pembentukan watak dan karakter tokoh dan juga alur cerita. Pemain-pemainnya harus mengurangi improvisasi sehingga tak keluar dari alur yang sudah digariskan. Kendati dibuat pementasan berulang kali namun cerita tak akan berubah sebab sudah ada pakemnya.

Pada teater modern peran sutradara sangat vital yang akan menginterpretasikan naskah cerita yang hendak dipertunjukkan kepada para penonton. Teater modern tersebut diantaranya : drama, teater, sinetron dan film. Teater modern memiliki beberapa ciri yaitu :

- Panggung tertata dengan rapi dan dilengkapi beberapa peralatan kompleks.
- Kebanyakan teater modern dipentaskan gedung tertutup.
- Ada setting alur cerita.
- Jumlah pemain lebih banyak bila dibanding pemain teater tradisional.
- Interaksi antara penonton dan pemain tak sering terjadi.

Sejalan dengan makin berkembangnya peradaban, lahir beragam aliran teater modern dimana bila dicermati ternyata mempunyai beberapa ciri yang mendekati aliran teater tradisional. Di masa lalu ketika pementasan teater berada di puncak kejayaan, teater berusaha menghilangkan batas antara pemain dan penonton. Para pemain diberikan kebebasan berimprovisasi semenarik mungkin sebagaimana pada teater tradisioanal. Akan tetapi untuk mempertajam komunikasi yang disampaikan maka dialog verbal dikurangi namun dialihkan dengan memakai bebunyian, gerakan tubuh dan properti panggung.
Memperjelas Perbedaan Teater Modern dan Tradisional Rating: 4.5 Posted by: Elin Pujiastuti