Tips Malam Jumat Bagi Muslim

Fakta saat ini para kaum muda Islam tak begitu memperhatikan masalah waktu. Terutama beberapa waktu khusus yang istimewa dalam pandangan Islam. Untuk diketahui bahwa waktu hidup di dunia ini hanya sebentar sebab umur manusia berbatas. Kesenangan tentu akan sirna meski kekayaan sudah dimiliki. Kesehatan tubuh pun suatu saat berubah menjadi sakit. Generasi muda dengan berjalannya waktu pasti akan memasuki usia tua.



Selama ini di masyarakat ada pandangan bahwa malam jumat adalah waktu yang istimewa. Dalam Islam sendiri tak ada yang namanya malam jumat sebab waktu setelah maghrib di hari kamis sudah dihitung sebagai hari selanjutnya atau masuk hari Jumat. Berikut tips malam jumat (sudah masuk hari Jumat dalam Islam) yang perlu diketahui. Dalam sebuah hadist nabi Muhammad SAW bersabda bahwa si hari Jumat Nabi Adam diciptakan, dimasukkan ke surga, dikeluarkan dari surga, dan juga akan terjadinya hari kiamat.

Rasulullah SAW bersabda yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah dan Ahmad : "Tidaklah ada dari malaikat muqarrab (didekatkan), langit, bumi, angin, gunung, dan tidak pula laut kecuali mereka takut terhadap hari Jum'at." (Hadits ini hasan menurut Syaikh Al-Albani). Kendati begitu yang kita jumpai saat ini tidak sedikit para kaum muda Islam yang mengabaikan dan menyia-nyiakan hari Jumat. Oleh sebab itu, kita sebagai seorang muslim harus paham dengan keagungan hari Jumat dan melakukan aktifitas yang sesuai dengan perintah Nabi SAW. Ada beberapa keistimewaan hari Jumat antara lain :

1. Hari yang paling istimewa dari hari-hari lain dalam satu minggu

Ada beberapa hadits yang menyebutkan keistimewaan hari Jumat antara lain yang diriwayatkan Abu Hurairah dalam hadist riwayat Muslim. Nabi SAW bersabda, "Hari terbaik yang disinari matahari adalah hari Jumat. Pada hari itu Nabi Adam diciptakan, dimasukkan surga, dan pada hari itu pula ia dikeluarkan darinya." Aus bin Aus Radhiyallahu 'Anhu berkata, Rasulullah SAW bersabda : "Sesungguhnya di antara hari kalian yang paling afdhal adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan dan diwafatkan, dan pada hari itu juga ditiup sangkakala dan akan terjadi kematian seluruh makhluk. Oleh karena itu perbanyaklah shalawat di hari Jumat, karena shalawat akan disampaikan kepadaku…." (HR. Abu Dawud, Nasai, Ibnu Majah, Ahmad, dan al Hakim).

2. Hari dilaksanakannya Shalat Jumat

Kaum muslim yang tahu keutamaan hari Jumat tentu akan terdorong untuk mengisinya dengan segala macam bentuk kebaikan dan menjauhi semua bentuk perbuatan dosa. Abu Hurairah meriwayatkan, Nabi SAW bersabda: "Shalat lima waktu dan dari jum’at ke jum’at berikutnya adalah penghapus antara keduanya (maksudnya penghapus dosa).”(HR. Muslim). Kemudian Salman al-Farisi menyebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : ”Tidaklah seseorang mandi pada hari Jum’at, membersihkan diri semampunya, memakai minyak rambut atau memakai minyak wangi kemudian keluar menuju shalat jum’at dengan tidak memisahkan antara dua orang (di tempat duduk mereka di dalam masjid), lalu shalat semampunya dan diam ketika imam (khathib) berbicara/berkhutbah kecuali diampuni (dosa) di antara jum’at itu dengan jum’at yang lainnya.” (HR. al-Bukhari).

Beberapa tips malam Jumat yang bisa dilakukan antara lain :

1. Tak begadang di malam jumat hingga akhir malam, sebab akan membuatnya terhalang untuk segera menuju shalat Jumat di awal waktu.

2. Berdiam di dalam masjid mulai sesudah shalat Shubuh. Di sana setiap muslim bisa melakukan bentuk-bentuk ibadah seperti zikir ataupun membaca Quran.

3. Beristirahat sebentar kemudian makan pagi, mandi, menggunakan minyak wangi, bersiwak, memotong kumis dan mengenakan pakaian terbaik dan terbersih untuk kemudian berangkat menunaikan Shalat Jumat.
Labels: jelaskan perbedaan data dan informasi, tips

Thanks for reading Tips Malam Jumat Bagi Muslim. Please share...!

0 Comment for "Tips Malam Jumat Bagi Muslim"